Gangguan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

IPA Biologi – Pada sistem pernapasan terdapat gangguan maupun penyakit yang sering terjadi atau menyerang saluran pernapasan kita, sebagian diantaranya adalah asma, influensa, TBC, radang paru-paru, dan bronkitis. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut.

1.    Asma

Asma adalah penyempitan (kontriksi) yang terjadi di bagian saluran pernapasan tertentu. Umumnya asma disebabkan oleh alergi atau terlalu sensitif terhadap sesuatu, seperti perubahan cuaca, debu, zat aditif makanan, bulu binatang, bau, dan rangsangan tertentu lainnya.

Asma dapat menyebabkan menurunnya efisiensi pernapasan dan mengurangi jumlah pasokan oksigen ke jaringan tubuh. Akibatnya frekuensi pernapasan bertambah cepat dan napas menjadi tersengal-sengal.

2.    Influensa

Influensa adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Umumnya terjadi pada saat perubahan musim atau pada saat stamina tubuh kurang baik. Gejalanya adalah timbul peradangan di jaringan mukosa hidung yang ditandai dengan pilek, batuk, dan penyumbatan rongga hidung. Hal demikian tentu menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman.

3.    Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. Gejala seseorang yang terserang TBC, antara lain batuk yang tidak sembuh-sembuh disertai dahak yang kadang-kadang berdarah serta sesak napas.

Bakteri penyebab TBC bersifat parasit dan hidup dalam jaringan paru-paru. Jika tidak diobati, bakteri akan berkembang dan menggerogoti paru-paru secara perlahan. Akibatnya kurang efektifnya pertukaran udara dalam paru-paru, maka pasokan oksigen ke jaringan tubuh menjadi tidak maksimum.

4.    Radang Paru – Paru

Radang paru-paru dapat disebabkan oleh virus, bakteri, maupun oleh penyebab lain. Jika radang disertai dengan cairan, maka cairan dalam paru-paru akan menghalangi penyerapan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida. Jika hal tersebut terus berlanjut maka akibatnya napas menjadi tersengal-sengal.

5.    Bronkitis

Bronkitis adalah radang pada bronkus atau bronkiuolus. Penyebabnya, antara lain merokok, alergi, dan bakteri. Merokok dapat merusak jaringan mukosa.

Jaringan mukosa adalah jaringan yang menghasilkan lendir. Lendir berguna untuk menangkap zat-zat atau partikel yang membahayakan tubuh. Jika cairan lendir diproduksi secara berlebihan karena adanya benda asing, maka saluran pernapasan akan dipenuhi dahak sehingga pernapasan menjadi terganggu.[ms]

Demikian sedikit uraian mengenai gangguan dan penyakit pada sistem pernapasan manusia, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita bersama.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s