Faktor-faktor yang berperan dalam fotosintesis

IPA Biologi – Keberadaan fotositesis sangat menentukan kelangsungan hidup hampir seluruh organisme yang ada di bumi. Fotosintesis sebagai proses alami yang terjadi di dalam tumbuhan tidak terlepas dari berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut :

1.    Klorofil

Fungsi utama klorofil adalah menangkap dan menyerap sinar matahari agar dapat berlangsung fotosintesis. Klorofil dapat menangkap semua cahaya tampak salam spektrum kecuali hijau dan kuning. Oleh karena itulah mengapa fotosintesis hanya berlangsung pada tumbuhan atau organisme yang di dalam sel-sel tubuhnya mengandung plastida.

2.    Sinar Matahari

Energi surya yang dipergunakan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis sebenarnya sangat kecil dibanding dengan energi yang tersedia, yakni kurang dari 2%. Disamping itu, tidak semua sinar matahari bermanfaat untuk fotosintesis. Hanya sinar yang mempunyai panjang gelombang tertentu yang efektif untuk proses fotosintesis.

Jika kita mengikuti radiasi sinar matahari sepanjang hari, maka kegiatan fotosintesis akan menunjukkan kurva yang rendah di pagi hari, naik dan mencapai puncaknya di siang hari, kemudian turun dan merendah pada sore hari.

Kegiatan fotosintesis sesuai dengan banyaknya sinar matahari yang diterima tumbuhan. Puncak-puncaknya kegiatan fotosintesis berkaitan dengan sifat klorofil yang mempunyai spektrum puncak, yaitu nila dan merah.

3.    Suhu

Temperatur juga memegang peranan penting dalam fotosintesis. Suhu optimal (suhu di mana fotosintesis berlangsung maksimum) berkisar antara 10° – 35°C. Pada umumnya tumbuhan tropik tidak mengadakan kegiatan pada suhu di bawah 5°C.

4.    Karbon dioksida (CO2)

Di daerah tropik, di mana cahaya dan suhu terdapat dalam jumlah yang melimpah, maka CO2, merupakan faktor pembatas. Sekalipun terdapat cahaya melimpah, dan pada tingkat suhu yang optimum, tumbuhan tidak melakukan kegiatan fotosintesis jika tidak tersedia CO2. Dalam rumus fotosintesis dinyatakan bahwa jumlah CO2 yang digunakan sama dengan jumlah O2 yang dihasilkan.

5.    Air

Air merupakan faktor lain yang berperan penting dalam fotosintesis. Jika tidak tersedia air, maka tidak akan terjadi fotolis, sehingga tidak dimungkinkan pembentukan gula. Sekalipun CO2 tersedia dalam jumlah melimpah, demikian pula halnya dengan cahaya dan temperatur, akan tetapi ketiadaan air akan menghambat proses fotosintesis.[ms]

Demikian sedikit uraian mengenai faktor-faktor yang berperan dalam fotosintesis, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s